Menu Tutup

Alat Pelindung Diri (APD) Pekerja Dan Standarnya

Alat Pelindung Diri (APD) Pekerja Dan Standarnya

Alat Pelindung Diri atau sering disebut APD adalah kelengkapan yang wajib dimiliki dan digunakan sesuai dengan resiko atau bahaya dalam bekerja untuk menjaga keselamatan para pekerja atau orang yang ada disekitarnya.

Penggunaan alat pelindung diri (APD) penting untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya ditempat bekerja. APD digunakan untuk mengurangi resiko paparan atau kontak dengan bahaya,

Sesuai Permenakertrans No.8 Tahun 2010 Tentang Pasal 2, Pengusaha dan/ atau pengurus wajib menyediakan APD bagi seluruh pekerja/buruh ditempat kerja. APD yang disediakan juga harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) atau standar yang berlaku. dan APD juga wajib diberikan kepada pekerja secara cuma-cuma.

Adapun Jenis-Jenis dan Fungsi Alat Pelindung Diri (APD) :

1. Alat Pelindung Kepala

Alat Pelindung Kepala Merupakan alat perlindungan kepala dari benturan, reruntuhan ataupun pukulan dari benda tajam maupun benda keras dan dapat melindungi kepala dari percikan api, bahan kimia maupun bahaya lainnya membahayakan bagian kepala.

adapun jenis alat pelindung diri bagian kepala yaitu :

  • Helm pengaman atau Helm Safety
  • Topi
  • Penutup atau pengaman Rambut

Contoh alat pelindung diri pada bagian kepala Helm Safety. Helm safety atau Safety Helmet memiliki beberapa jenis, salah satunya Helm Safety Proyek. Helm Safety Proyek ini digunakan untuk melindungi kepala dari benturan atau reruntuhan benda-benda keras dalam area pekerja proyek. salah satu contoh helm safety sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah Helm Safety MSA.

2. Perlengkapan Pelindung Muka Dan Mata

3. Peralatan Telinga

4. Alat Pengaman Tangan

5. Alat Pelindung Kaki

6. Pakaian Seragam dan Rompi

Untuk mendapatkan beberapa keperluan kebutuhan alat safety yang terbaik dan terlengkap serta dengan keamanan yang berkualitas, di Raja Alat Safety adalah selusinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.